Senin, 21 Maret 2011

cara mengapus blog dan mebatalkan account

Bagaimana cara menghapus blog?

Untuk menghapus seluruh blog Anda , buka tab Pengaturan | Dasar. Di sini, pastikan bahwa Anda benar-benar berada pada blog yang ingin dihapus secara permanen dari account Anda. Kemudian klik "Hapus Blog Ini". Apabila blog Anda ada di server Anda sendiri, filenya tidak akan dihapus. Anda dapat menghapusnya secara manual dengan menyambung ke server lewat klien FTP.

Bagaimana cara membatalkan account saya?

Untuk menghapus Google Account, termasuk blog Anda, silakan login ke homepage Google Account. Setelah Anda login, klik link "Edit" di sebelah daftar "Layanan Saya", dan Anda akan masuk ke halaman yang memungkinkan Anda menghapus account Anda. Harap diingat bahwa menghapus account akan menghapus semua layanan Google yang berhubungan dengan account tersebut, seperti profil orkut, halaman iGoogle, dan blog Blogger.

Perkenalan Yang Singkat


Awalnya, aku tak pernah mengira akan seperti ini kejadiaannya. Beberapa bulan yang lalu, saat sedang chatting tanpa sengaja aku berkenalan dengan seseorang di dunia maya. Ya, memang terkadang aku suka chatting untuk mengisi waktu luang. Tapi aku bukan termasuk tipe orang yang kecanduan chatting ataupun kecanduan internet yang sampai bisa menghabiskan waktu berjam – jam di depan komputer hanya untuk ber-internetan ria. Biasanya aku hanya menghabiskan waktu  satu hingga dua jam untuk internetan, tapi kalau sedang ada tugas biasanya bisa lebih dari itu.
Libur semester pun segera berakhir, tak terasa sudah 2 bulan liburan dan kini saatnya untuk kembali ke rutinitasku yang membosankan. Diawali dengan bangun pagi dan bersiap berangkat kuliah agar tidak terlambat masuk kelas. Maklumlah kota Jakarta, bisa sampai kampus tepat waktu saja sudah sangat beruntung. Tetapi hari ini aku tidak  beruntung, macet disana sini. Kampusku yang letaknya agak jauh dari rumah ini mengharuskanku bergelut di kemacetan kota Jakarta pada pagi hari, bersama ratusan atau bahkan ribuaan orang lain yang mempunyai berbagai kepentingan berbeda, mulai dari para pelajar yang ingin pegi ke sekolah, para karyawan yang hendak bekerja, para ibu – ibu rumah tangga yang ingin pergi ke pasar hingga para pengamen dan para penjaja asongan yang makin membuat jalanan kota Jakarta ini semakin macet.
Yah, begitulah rutinitas ku yang membosannkan berangkat dan pulang kuliah harus menghadapi macetnya ibukota. Sampai dirumah badan sudah terasa lelah, kalau sedang tidak ada tugas bisa sedikit bersantai – santai tapii kalau tugas sudah menumpuk bisa – bisa bergadang sampai pagi untuk mengerjakan tugas.
Ketika aku sedang duduk di taman kampus bersama teman – teman, aku seperti melihat seseorang yang pernah kulihat sebelumnya lewat. Aku hanya bisa bertanya – Tanya dalam hati siapakah orang yang baru saja lewat itu? Sepertinya aku pernah mengenalnya, pikirannku masih bertanya – tanya  dalam hati. Tapi sudahlah mungkin aku salah. Aku dan yang lain segera meninggalkan taman karena masih ada jadwal kuliah pada hari  itu.
Sesampainya dirumah, aku menyalakan komputer berniat untuk mengerjakan tugas tapi malah keasyikan membuka situs jejaring sosial facebook. Saat sedang membuka facebook tanpa sengaja aku melihat status salah seorang teman dunia maya-ku yang terpampang di bagian beranda. Aku membuka profile orang tersebut, setelah kuamati ternyata fotonya mirip seperti seseorang yang kulihat di kampus. Pantas saja tadi di kampus aku seperti pernah melihat orang itu, ternyata dia adalah salah satu teman facebook ku.
Sempat ku berfikir untuk mencoba menanyakan hal tersebut langsung kepadanya, namun gengsi pikirku dalam hati. Akhirnya, kuurungkan niatku untuk menanyakan hal itu kepadanya. Memang aku tidak begitu mengenalnya, sekedar teman di dunia maya. Pernah beberapa kali aku mengobrol dengannya lewat fasilitas chat di facebook,  tetapi hanya saling menanyakan kabar masing – masing. Tak pernah ter-fikirkan olehku bahwa ternyata dia satu kampus denganku.
Beberapa hari kemudian, pada saat jam pelajaran terakhir, dengan malas aku menunggu dosen yang tak kunjung datang. Sudah hampir 30 menit kami menunggu akan tetapi dosen tak kunjung datang. Ketua mahasiswa pun berinisiatif untuk pergi keruang sekertariat dosen untuk mengecek kehadiran dosen tersebut. Ternyata dosen mata kuliah psikologi hari ini tidak dapat hadir dan digantikan oleh seorang asisten dosen. Ketua mahasiswa kembali ke kelas bersama asisten dosen tersebut. Didalam kelas aku hanya bisa terbengong – bengong melihat bahwa asisten dosen tersebut mirip dengan teman dunia mayaku yang juga pernah kulihat di taman kampus. Setelah kuperhatikan memang benar dia adalah novan teman dunia mayaku. Yang membuatku sedikit tak percaya ternyata dia adalah seorang asisten dosen di kampusku, padahal usianya tidak berbeda jauh denganku.
Dilihat dari gaya mengajarnya seperti sudah terbiasa dan tidak canggung lagi. Dia mengajar dengan santai, tetapi materi yang ia berikan dapat dimengerti oleh seluruh mahasiswa. Dari  kesan pertama saat ia mengajar sepertinya ia orang yang ramah. Dengan sabar ia menjawab seluruh pertanyaan mahasiswa yang ditujukan padanya. Dua jam pun terasa begitu cepat, akhirnya dia mengakhiri pertemuan hari ini, biasanya terasa sangat lama.
Malam harinya aku mengecek apakah ada email masuk. Banyak email dari spam, dan juga beberapa email dari teman – teman di forum. Dari sekian banyak email yang masuk ternyata ada sebuah email dari alamat yang tidak ku kenal. Pada subyek email tersebut hanya ditulis hi, aku binggung karena tidak mengetahui siapa pemilik alamat email tersebut. Ku klik email tersebut dan membacanya, isi email tersebut menanyakan bahwa dia adalah novan teman dunia mayaku. Novan telah mengetahui bahwa aku merupakan salah satu mahasiswa universitas Bina Sakti, karena dia tadi menggantikan pak hidayat yang berhalangan untuk mengajar.
Aku berfikir sejenak apakah aku  akan membalas email tersebut atau tidak. Beberapa saat kemudian ku klik tombol reply untuk membalas email tersebut tapi aku masih bingung mau menulis apa untuk membalas email dari novan itu. Kuputuskan untuk “bilang hai juga, tidak menyangka kita bisa bertemu ya. Aku tadi tidak mengira kalau yang tadi mengajar itu kamu, ternyata dunia itu memang sempit ya hehe….!”. Ku arahkan mouse pada tulisan send.
Perkenalanku dan novan semakin berlanjut, ya walaupun agak kaku di awal terasa canggung karena aku belum pernah mempunyai teman di dunia maya yang berlanjut menjadi teman di dunia nyata. Semenjak itu kami jadi semakin akrab, kami jadi lebih sering mengobrol lewat chatting maupun bertemu secara langsung. Kami pun semakin hari menjadi semakin akrab. Kami sering mengabiskan waktu berdua, novan juga sering membantuku untuk mengerjakan tugas – tugas kuliah, akupun sering member dia semangat saat dia sedang terlalu pusing memikrkan tentang kuliah S2 nya.
Pertemanan kami yang semakin akrab membuat, perasaan anehtiba - tiba muncul dihatiku. Sepertinya ada sesuatu yang mengganjal di hati. Setiap bertemu dengannya hatiku terasa berdegup kencang sekali, sampai hampir terasa seperti jantung ini ingin copot. Apakah in yang dinamakan jatuh cinta?? Tapi apakah novan juga merasakan apa yang kurasakan?.  Aku berharap dia juga merasakan seperti apa yang aku rasakan.
Hari itu, 20 agustus tepat pada hari ulang tahunku novan memberiku kejutan yang tak kuduga sebelumnya. Tepat pukul 00.00 novan menelponku hanya untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun, pagi harinya ia datang kerumah dengan membawa kue black florest lengkap dengan lilin 20 diatasnya. Dia juga memberiku hadiah berupa boneka beruang berwarna pink yang sangat lucu. Aku benar – benar tidak menyangka kenapa novan sangat pehatian terhadapku padahal kami baru beberapa bulan saja berteman.  Malam harinya novan mengajakku pergi, aku juga tidak tahu akan pergi kemana karena tak ingin mengecewakan novan akhirnya kuterima tawarannya itu.
Malam itu, tepat pukul 7 novan sudah menjemput. Selama perjalanan aku bertanya – tanyya dalam hati “ kemanakah novan akan membawaku malam ini?” aku sudah menanyakan hal ini padanya tetapi ia hanya senyam – senyum tanpa memberitahuku kemana tujuan kita. 30 menit kemudian kami sampai di sebuah restoran pinggir pantai dengan pemandangan yang indah serta interiornya yang sungguh romantis. Aku semakin bertanya – tanya didalam hati “ kenapa novan mngajakku ke tempat ini ya? Aku hanya bisa terdiam menyaksikan keindahan tempat ini.
Kami duduk di pojok ruangan yang mengarah ke lautan lepas. Aku sempat tidak menyadari kehadiran pelayan restoran sampai novan memanggil namaku dan menyuruh untuk memesan makanan. Aku masih bertanya – tanya didalam hati ada apakah sebenarnya ini?. Kami berdua tidk banyak bicara malam itu. Aneh, ini sama sekalii bukan sifat novan yang pendiam. Biasanya dia selalu banyak bicara, tapi kali ini dia diam seribu bahasa. Pesanan kami pun datang tapi dia masih saja dikam seperti itu. Aku jadi bingung dan serba salah dibuatnya. Akhirnya pada saat kami berdua selesai menyatap hidangan yang kami pesan tadi dia menembakku. Oh my god… dia menembakku, sungguh romatis. Dia ternyata sudah mempersiapkan segalanya, dia menyuruh pelayan membawakan 20 balon berwarna pink dan satu booklet yang isinya 20 tangkai bunga mawar pink. Benar – benar diluar dugaan ku. Aku nyaris tidak mempercayainya. Sejak saat itulah kami berdua resmi berpacaran.
Hubungan kami semakin hari semakin dekat saja. Kami jadi lebih sering menghabiskan waktu berdua. Dia juga semakin perhatian terhadapku. Hari – hariku jadi semakin berwarna dengan kehadirannya. Tak pernah ku menyesali hubungan ini. Novan memang bukan tipe orang yang romantis yang seperti kebanyakan cewek dambakan, tapi dia sangat perhatian dan sangat sabar mengahadapi sifatku yang masih kekanak – kanakan dan sedikit keras kepala ini. Itulah sebabnya aku memilihnya daripada kebanyakan cowok lain.
Sudah hampir 6 bulan kami bersama, hingga pada suatu hari aku tiba – tiba mersakan ada yang salah pada tubuhku. Aku sering tiba – tiba merasa pusing yang teramat sangat di kepalaku. Pernah beberapa kali aku jatuh pingsan. Awalnya kuabaikan apa yang kurasakan ini, namun akhir - akhir ini aku lebih sering merasakan sakit di kepalaku. Kuputuskan untuk pergi ke dokter, setelah menjalani beberapa pemeriksaan ternyata aku menderita kanker otak stadium akhir. Aku merahasiakan  penyakitku ini pada semua orang bahkan pada npvan dan kedua orang tuaku. Aku tidak ingin menjadi beban  bagi orang lain.
Dokter bilang umurku sudah tidak lama lagi, tapi itu semua hanya allah yang tahu. Aku tetap beraktivitas seperti biasa. Menjalani hari – hariku tanpa merasakan rasa sakit yang terus saja menyerang tanpa kenal waktu. Malam itu akau berencana untuk memutuskan hubunganku dengan novan dengan tujuan agar novan bisa melupakannku dan terlalu sedih saat kepergianku. Tetapi novan tidak mau meutuskan hubungan denganku, dia malah berfikir bahwa aku hanya mencari – cari alasan yang tidak masuk akal. Malam itu aku sudah merasa tidak kuat lagi, aku menulis sebuah surat untuk novan yang berisikan tentang alasanku ingin pisah dengannya.
Pagi harinya sakit kepala itu datang lagi. Kali ini sudah tidak dapat kutahan lagi. Rasanya seperti ada yang menindih kepalaku. Ternyata memang ini hari terakhirku berada di dunia ini. Aku tak pernah menyesalinya. Karena selama ini aku mampunyai keluarga dan teman – teman yang sangat menyayangiku. Terlebih ada novan yang membuat hidupku lebih berwarna. 

Belajar Membuat Blog

Blog munkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Bagi sebagian orang blog merupakan sebuah kebutuhan atau mungkin bisa juga dijadikan sebagai sumber penghasilan. Ya, belakangan ini blog mulai banyak diminati orang, tidak sedikit orang yang membuat blog sebagai sarana promosi dagangan mereka lewat dunia maya. Berikut ini beberapa cara untuk belajar membuat blog :


1. Bagaimana cara membuat account Blogger?

ketika kita ingin membuat blog pada blogger langka pertama yang harus kita lakukan adalah membuka situs www.Blogger.com. Pada homepage Blogger, klik tombol "Buatlah Blog Anda Sekarang". Pada halaman berikut, Anda akan diminta untuk membuat Google Account. Anda dapat menggunakan Google Account pada layanan Google lainnya. Jika Anda sudah memiliki Google Account mungkin dari Gmail, Google Group, atau Orkut, silakan sign in terlebih dahulu. Setelah Anda sign in, Anda harus memasukkan nama layar dan menerima Syarat Layanan Blogger. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk membuat blog dan memulainya!

2. Bagaimana cara membuat blog Blogger?

Sebelum dapat membuat blog gratis di Blog*Spot, yaitu layanan hosting Blogger, Anda harus telah membuat account pada blogger.com. Setelah Anda login ke blogger.com, klik link "Buat Blog". Pada Langkah 2, masukkan judul dan alamat (URL). Anda juga harus mengetikkan kata verifikasi yang ditampilkan di halaman ini. Setelah selesai, klik "lanjutkan". Pada langkah 3, Anda dapat memilih template untuk blog Anda; itulah tampilan yang akan muncul ketika Anda mempublikasikannya. Selanjutnya, Blogger akan membuat blog baru Anda dan mencadangkan spot Anda di BlogSpot. Segera setelah Anda membuat posting pertama, halaman Anda akan muncul di alamat yang Anda pilih.

3. Bagaimana cara posting ke blog saya?

Pada Dashboard Anda, klik link "Posting Baru" di sebelah blog yang ingin Anda kirimi. Berikutnya, Anda akan melihat halaman Buat Posting Baru. Awali dengan memberikan judul pada posting Anda (opsional), kemudian masukkan posting-nya. Setelah selesai, klik link "Pratinjau" untuk memastikan bahwa posting sudah siap. Setelah Anda puas dengan posting Anda, klik tombol "Publikasikan". Ini akan mempublikasikan posting baru Anda.

4. Bagaimana cara mengirim gambar?

Anda dapat meng-upload foto dengan menggunakan ikon gambar pada toolbar editor posting. Ketika Anda meng-klik ikon ini, akan muncul jendela di mana Anda bisa memilih satu atau beberapa gambar dari komputer Anda. Klik tombol "Browse" untuk mencari gambar yang Anda inginkan. Atau, Anda bisa memasukkan URL dari gambar yang sudah online untuk dimasukkan ke dalam posting Anda. Apabila Anda meng-klik link untuk memilih tataletak, Anda bisa mengatur cara gambar Anda muncul di posting Anda. Opsi di sebelah kiri, tengah dan kanan akan menentukan bagaimana teks dari posting Anda akan mengalir di sekitar gambar. Opsi ukuran ini memungkinkan Anda mengatur skala gambar ke ukuran yang berbeda di area posting.

selamat mencoba....

Minggu, 20 Maret 2011

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Media

peran media bagi masyarakat

media sangat berpengaruh terhadap masyarakat di dunia, termasuk di indonesia. beberapa peran media adalah :

  1. media sebagai interlocutor, yang tidak hanya sekadar tempat berlalu lalangnya informasi, tetapi juga partner komunikasi yang memungkinkan terjadinya komunikasi interaktif.
  2. media forum untuk mempresentasikan berbagai informasi dan ide-ide kepada khalayak, sehingga memungkin terjadinya tanggapan dan umpan balik.
  3. media sebagai filter, atau gatekeeper yang menyeleksi berbagai hal untuk diberi perhatian atau tidak. Media senantiasa memilih issue, informasi atau bentuk contentyang lain berdasar standar para pengelolanya. Di sini khalayak “dipilihkan” oleh media tentang apa-apa yang layak diketahui dan mendapat perhatian .
  4. media sebagai guide, penunjuk jalan atauinterpreter, yang menerjemahkan dan menunjukkan arah atas berbagai ketidakpastian, atau alternative yang beragam.
  5. media seabagai window on event and experience. Media dipandang sebagai jendela yang memungkinkan khalayak melihat apa yang sedang terjadi di luar sana. Atau media merupakan sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa.
Selain berperan sangat penting bagi masyarakat di dunia termasuk di indonesia, media juga banyak mempunyai dampak bagi masyarakat indonesia baik itu dampak positif ataupun dampak negatif. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif globalisasi media tehadap masyarakat indonesia : 

Dampak Positif
1. Tingkat Kehidupan yang lebih Baiksecara tidak langsungtaraf kehidupan manusia menjadi lebih baik karena terbukanya banyak lapangan pekerjaan dan ilmu yang mudah didapat.

2. Perubahan Tata Nilai dan Sikap.
cara berfikir manusia menjadi tidak kuno dan lebih mempelajari hal-hal yang baru yang lebih baik dari sebelum.

3. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
masyarakat menjadi lebih mudah mencari ilmu penggetahuan dan berfikir luas.

Dampak Negatif
1. Sikap Individualistik.
sikap seperti ini biasanya ditemukan pada masyarakat kota yang setiap harinya sibuk dengan aktivitasnya di luar rumah yang jarang pulang dan mereka pun jarang pula berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

2. Gaya Hidup Kebarat-baratan.
manusia seperti ini lebih membanggakan negara yang lebih modern dan menjadikan kita tidak nasionalis.

3. Pola Hidup Konsumtif.
semakin banyak penyedia kebutuhan makin banyak pula kebutukan manusia. karena kebutukan itu harus terpenuhi maka mau tidak mau kita harus memenuhi kebutuhan tersebut. sedangkan masyarakat indonesia sukanya yang instan-instan, jadi mereka cukup membelisan tidak mau repot.
  
 

Apa Sih e - learning itu ???

1. Pengertian e - learning 


E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Beberapa ahli mencoba menguraikan pengertian e-learning menurut versinya masing-masing, diantaranya :

·         Jaya Kumar C. Koran (2002) e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
· Dong (dalam Kamarga, 2002)
e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat
elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
· Rosenberg (2001)
menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
· Darin E. Hartley [Hartley, 2001] eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
· LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms [Glossary, 2001]
eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.

E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.

E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).


2. fungsi e - learning

Setidaknya ada 3 (tiga) fungsi pembelajaran elektronik terhadap kegiatan pembelajaran di dalam kelas (classroom instruction), yaitu (dalam Siahaan, 2002) :
Suplemen (tambahan)
Dikatakan berfungsi sebagai suplemen, apabila peserta didik mempunyai kebebasan memilih, apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Dalam hal ini, tidak ada kewajiban/keharusan bagi peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran elektronik. Sekalipun sifatnya opsional, peserta didik yang memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan.

Komplemen (pelengkap)
Dikatakan berfungsi sebagai komplemen, apabila materi e-learning diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas (Lewis, 2002). Sebagai komplemen berarti materi e-learning diprogramkan untuk menjadi materi enrichment (pengayaan) atau remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional.
Sebagai enrichment, apabila peserta didik dapat dengan cepat menguasai/memahami materi pelajaran yang disampaikan guru secara tatap muka diberikan kesempatan untuk mengakses materi e-learning yang memang secara khusus dikembangkan untuk mereka. Tujuannya agar semakin memantapkan tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran yang disajikan guru di kelas.
Sebagai remedial, apabila peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru secara tatap muka di kelas. Tujuannya agar peserta didik semakin lebih mudah memahami materi pelajaran yang disajikan guru di kelas.

Substitusi (pengganti)
Tujuan dari e-learning sebagai pengganti kelas konvensional adalah agar peserta didik dapat secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahan sesuai dengan waktu dan aktivitas lain sehari-hari. Ada 3 (tiga) alternatif model kegiatan pembelajaran yang dapat diikuti peserta didik : (1) sepenuhnya secara tatap muka (konvensional), (2) sebagian secara tatap muka dan sebagian lagi melalui internet, atau bahkan (3) sepenuhnya melalui internet.


3. kelebihan e - learning

E-learning dapat dengan cepat diterima dan kemudian diadopsi adalah karena memiliki kelebihan/keunggulan sebagai berikut            (Effendi, 2005) :
a.    Pengurangan biaya
b.    Fleksibilitas. Dapat belajar kapan dan dimana saja, selama terhubung dengan internet.
c.    Personalisasi. Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan belajar mereka.
d.    Standarisasi. Dengan e-learning mengatasi adanya perbedaan yang berasal dari guru, seperti : cara mengajarnya, materi dan penguasaan materi yang berbeda, sehingga memberikan standar kualitas yang lebih konsisten.
e.    Efektivitas. Suatu studi oleh J.D Fletcher menunjukkan bahwa tingkat retensi dan aplikasi dari pelajaran melalui metode e-learning meningkat sebanyak 25 % dibandingkan pelatihan yang menggunakan cara tradisional
f.     Kecepatan. Kecepatan distribusi materi pelajaran akan meningkat, karena pelajaran tersebut dapat dengan cepat disampaikan melalui internet.

4. Kekurangan e-learning
Kendala atau hambatan dalam penyelenggaraan e-learning, yaitu (Effendi, 2005) :
a.    Investasi. Walaupun e-learning pada akhirnya dapat menghemat biaya pendidikan, akan tetapi memerlukan investasi yang sangat besar pada permulaannya.
b.    Budaya. Pemanfaatan e-learning membutuhkan budaya belajar mandiri dan kebiasaan untuk belajar atau mengikuti pembelajaran melalui komputer.
c.    Teknologi dan infrastruktur. E-learning membutuhkan perangkat komputer, jaringan handal, dan teknologi yang tepat.
d.    Desain materi. Penyampaian materi melalui e-learning perlu dikemas dalam bentuk yang learner-centric. Saat ini masih sangat sedikit instructional designer yang berpengalaman dalam membuat suatu paket pelajaran e-learning yang memadai.

Template by:

Free Blog Templates